Posted
on Juli 22, 2009 by Putra
Struktur pasar ialah karakteristik organisasi
pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam pasar ( Bain, 1952
). Unsur-unsur struktur pasar meliputi: konsentrasi, differensiasi produk,
ukuran perusahaan, Hambatan masuk, dan integrasi vertikal serta diversifikasi. Dalam
teori ekonomi mikro struktur pasar dibagi dalam 4 macam bentuk ( Paul A.
Samuelson, 1995 p. 193-194 ), yaitu :
1. Persaingan sempurna,
adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual
yang sangat banyak. Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan
penjual) sangat kecil dibandingkan output industri total sehingga mereka tidak
bisa mempengaruhi harga produk tersebut. Perusahaan-perusahaan tidak mampu
untuk melakukan diffrensiasi produk atau produk homogen. Para pembeli dan
penjual secara individual hanya bertindak sebagai penerima harga ( Price taker
). Informasi tentang harga dan kualitas produk itu sempurna dan setiap
perusahaan bisa dengan mudah mendapatkannya. Pada pasar ini tidak adanya
hambatan untuk masuk atau keluar. Dalam jangka panjang tidak ada perusahaan
atau industri yang menerima laba di atas normal.
2. Pasar Monopoli
adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal.
Produk yang dihasilkan oleh perusahaan monopolis tidak ada barang
substitusinya. Adanya ketidaksempurnaan atau tingginya hambatan di dalam
memperoleh informasi tentang produk seperti harga dan kualitas. Perusahaan
monopolis bebas untuk menentukan jumpah output dan harga produk kapan saja.
Perusahaan monopolis bisa mendapatkan keuntungan di atas keuntungan normal
dalam jangka panjang.
3. Persaingan monopolistik,
adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi
yang membedakan dengan pasar persaingan sempurna ialah bahwa pada pasar ini
produsen mampu membuat perbedaan-perbedaaan pada produknya (
differensiasi produk ) dibandingkan produsen lain. Kemampuan untuk
mendapatkan informasi mengenai produk tidak sulit. Perusahaan-perusahaan dalam
pasar monopolistik ini mudah untuk masuk dan keluar dari industri. Pada pasar
ini juga, perusahaan-perusahaan hanya mampu menerima profit normal dalam
jangka panjang.
4. Oligopoli,
adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang
memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling
mempengaruhi. Adanya ketidaksempurnaan dan hambatan dalam
memperoleh informasi mengenai produk, Adanya kemampuan pengendalian harga
tetapi sedikit. Sebagian produk didiferensiasikan tetapi sedikit sehingga
adanya sedikit perbedaan produk antara produsen. Dalam teori ekonomi mikro,
model Oligopoli dibagi dalam dua jenis, yaitu : pertama, oligopoli
Non-kolusif terdiri dari model Cournot, model Bertrand, model Chamberlain,
Model Sweezy dan model Stackelberg. Kedua, oligopoli kolusif yang
terdiri dari kartel dan kepemimpinan harga. ( A. Koutsoyyianis, 1975:216-253).